Pernahkah kalian mengalamai mules ? Aku pernah ! Dan itu sangat menyakitkan. Dan mules yang ku alami adalah mules karena keracunan cabe. Amboi, panas sekali kawan…
Entah peranakan cabe apa yang ku makan, seingatku, aku hanya melahap tidak lebih dari setengah sendok makan, namun efeknya subhanallah sekali.

Membara men !

Para cabe berhasil membuat ku menggelinjang, menggelinding, lalu meledak dan hancur berkuping-kuping. Benar-benar menyakitkan sekali. Ya tuhan, kalau aku masih bayi, pasti aku sudah menangis.

Kalau aku bercerita secara sistematis, maka kejadiannya akan tertulis begini:

saat itu adalah malam yang sangat mencekam, hantu-hantu bertaburan di pemakaman, perut-perut keroncongan, aku belum makan malam so, secara normal aku lapar dong…! Kubukalah lemari makan, ed–daaaaaaaaaan yang ada adalah semangkuk makanan berkuah dan setumpuk sambal yang secara penampakan memang terlihat agak lezat nan mempesona.

inilah gambar biang kerok dari cerita ini

Tampa curiga akupun seperti kebanyakan orang lapar, makan dengan tenang. Ingat ! Sebelumnya aku perlu sedikit menegaskan, Aku hanya memakan cabe tak lebih dari setengah sendok makan.

Lalu,

Tak lama setelah itu, demonstrasi besar-besaran muncul dari distrik organ bernama perut, mereka seakan mencaci maki mulut yang salah memasukkan umpan. Cabe bukanlah umpan yang tepat untuk makan malam. Maka aku mulai merasakan perutku seakan kemasukan tikus, dililit ular, lalu…

GEEEDEEBAAMM….!!

“aduuuuuuuuuuuhhh” aku menggerang.
“aduuuuuuh hhhhhh “ mengerang lagi.
“gludug gludug gludug”  menggelinding kesan kemari.
Meronta-ronta kesakitan, penuh penderitaan, pedih bukan main.

Di kondisi gawat darurat seperti itu aku  mencoba mengumpulkan ilmu-ilmu sakti yang kupunya, diantaranya :
menggigit bantal, yah, cuma itu saja.

Lalu, perut makin menjadi-jadi sakitnya, sejenis ada pisau yang sedang memotong-motong usus, lalu sayatan usus tersebut di tetesi air jeruk nipis.

Cesssss…!

<— anggap aja ini aku

nah, dalam dunia kedokteran  reaksi ini di sebut reaksi : cabestus meletus die-perut-tus.

Alhamdulillah sekali aku ngeliat handphone ku tergeletak nganggur di atas lemari. Langsung saja dengan gaya ngesot aku merangkak menuju lemari, menggapai-gapai dengan penuh kesusahan kayak di pilem-pilem horor dedemit ngesot.

Setelah mendapatkan handphone, saatnya sms meminta tips dari temen-temen. Lalu dengan semangat patriotisme temen-temen ku, mereka memberikan aneka tips mujarab yang mungkin saja bisa berguna bagi kalian di masa depan jika kalian mengalami mules. Berikut cuplikannya :

ada yang mengusulkan
1.minum air mentimun
2.minum air gula
3.minum air garam (yang ini agak meragukan)
4.makan nasi tok-tok (bisa di coba kalo di rumah lagi gak ada apa-apa)
5.minum obat cap entrostop,
6.minum air hangat untuk mengusir kembung,
7.makan pepaya, dan
8.ada juga yang menyarankan sabar aja (asli, yang ini keren sekali tips nya)
9.Ada juga temen (mungkin ketika mendapatkan sms ku doi sudah tidur) dia sms di pagi harinya dikala perutku sudah sembuh. Kata si doi, biasanya dia makan agar-agar kalo dia mengalami mules.(repot ya? kalo lagi mules-mules harus buat agar-agar)
(sumber : disadur dari berbagai literatur hidup).

Nah, dari sekian tips yang diberikan temen-temen aku mensortirnya berdasaarkan bahan yang ada di kos-kosan ku.  Dan untuk kali ini aku tampak seperti komodo yang melahap aneka obat mujarab dari temen-temen

kata kunci
aku pergi ke toko buah, membeli seekor buaya, eh pepaya ! Lalu ku makan setengah buah pepaya, terus  lanjut lagi, minum air gula, plus minum air hangat dan segelas nilai-nilai kesabaran.

tak lupa berdoa kepada ALLAH Ta’ala agar di karuniai kesembuhan. Dan secara ajaib 20 menit kemudian aku benar-benar sembuh !

Hola…………!!

So, jika kalian mengalami mules, cobalah tips-tips diatas untuk mengobatinya. tapi ingat, tips itu belum teruji secara klinis bisa jadi setiap individu mengalami kondisi yg berbeda, nah, itu saja sekelumit informasi, Semoga sukses.